Pada umumnya pelayanan jasa pengiriman adalah melayani pemilik barang yang ingin melakukan pengiriman. Pengiriman barang bisa dilakukan melalui transportasi darat, udara, hingga laut. Dalam memilih moda angkutan juga harus mempertimbangkan nilai barang, pentingnya barang, kondisi geografis, jadwal, biaya, stabilitas angkutan, keamanan dan lainya. Jenis-jenis moda angkutan kiriman barang ialah : Darat :-mobil, truck, kereta api. -Udara : pesawat. -laut : kapal laut, ferry, tongkang.

Pengiriman menggunakan via udara (pesawat) harus didasarkan pada kemampuan daya angkut pesawat, ruang kargo didalam pesawat, ukuran pintu pesawat, dan maksimum floor load. Dan isi barang bukan barang-barang yang terlarang, bukan barang yang mudah busuk, bukan barang yang mudah pecah, bukan barang yang berbahaya. Adapun jenis-jenis kargo udara adalah :

  • General Cargo (sifat kargo tidak membahayakan, tidak mudah busuk, tidak mudah mati, contoh: tas, pakaian, cetakan, dll)
  • Special Cargo(kargo yang memerlukan perhatian khusus dalam pengiriman, penyimpanan dan pengangkutan. Contoh: binatang hidup)
  • Human remains(mayat/jasad utuh dalam peti, abu jenazah)
  • Perisable goods (barang yang mudah rusak/busuk. Contoh: buah-buah, sayur, seafood)
  • Valuable goods (barang berharga. Contoh: emas, intan, berlian, mutiara, cap perusahaan, legal bank notes)
  • Strongly smelling goods
  • Dangerous goods

Pihak-pihak yang berperan dalam pengiriman barang meliputi shipper(pengirim), forwarder(pihak atau perusahaan yang menangani pengiriman barang hingga sampai ke tangan konsumen),carrier(pihak yang melakukan pemindahan barang (transportasi) ke tangan konsumen). Jasa pengiriman juga mencakup hal-hal seperti sortasi, pengukuran, penimbangan, pengurusan dalam menyelesaikan dokumen, perhitungan biaya angkutan , dan lainnya.

Dengan letak Indonesia yang sangat strategis yang memiliki luas daerah yang terdiri dari banyak pulau, menjadikan pelayanan jasa pengiriman ini sangat dibutuhkan.

Jasa pelayanan cargo

Dalam jasa pelayanan pengiriman juga terdapat istilah jasa pengiriman cargo. Cargo adalah semua barang yang dikirim kan melalui via udara seperti pesawat terbang, via laut menggunakan transportasi kapal, via darat yang umumnya menggunakan truck container, yang biasanya untuk diperdagangkan, baik antar wilayah/kota didalam negri maupun antar Negara yang dikenal dengan istilah ekspor-impor. Pihak-pihak yang telibat dalam pengiriman ialah shipper, cosignee, pihak pengangkut.